



PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan segala Rahmat dan Hidayahnya kepada kami semua, sehingga kami
dapat menyusun dan menyelesaikan RENSTRA ( rencana
strategis) SD Inpres 2
Birobuli.
Rencana
strategis ini merupakan rencana pengembangan SD Inpres 2 Birobuli Tahun 2016 .
Rencana Strategis ini dibangun berdasarkan visi sekolah yang merupakan
kritalisasi cita-cita dan komitmen bersama tentang kondisi ideal masa depan
yang ingin dicapai dengan
mempertimbangkan potensi yang dimilik,permasalahan yang dihadapi dan berbagai
kecenderungan ( perubahan lingkungan ) yang sedang dan akan berlangsung
.Berdasarkan visi , selanjutnya dirumuskan berbagai tujuan dan sasaran yang
akan dicapai lima tahun kedepan. Berdasarkan tujuan dan sasaran
tersebut,selanjutnya dirumuskan skenario untuk mencapainya . Skenario yang
dimaksud meliputi strategi dan program pengembangan yang perlu ditempuh,
beserta indikator-indikator keberhasilannya.
Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada
semua pihak yang telah ikut meluangkan waktu, tenaga atau sumbangan
pemikiran-pemikirannya dalam proses penyusunan rencana strategis SD Inpres 2
Birobuli ini .
Akhirnya kami berharap semoga Rencana strategis
ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan di
SD Inpres 2 Birobuli untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi SD Inpres 2 Birobuli dengan baik .

GAMBARAN UMUM
Titik berat perencanaan strategi pembangunan
sekolah ini adalah aspek aspek strategis dalam penyelenggaraan dan pembangunan
Sekolah. Aspek aspek strategis yag di maksud meliputi :
v Kinerja
penyelenggaraan pendidikan
v Kinerja
penyelenggaraan dan pengabdian kepada masyarakat
v Kinerja
manajemen Sekolah yang meliputi bidang manajemen sumberdaya insani , keuangan,
sumberdaya fisik, pengembangan sekolah, administarasi akademik, pengembangan
perpustakaan, dan teknologi informasi.
v Budaya
organisasi dan iklim akademik dan
v Jaringan
kerjasama( networking)
Yang
perlu mendapatkan penekanan adalah bahwa aspek aspek tersebut bukanlah sesuatu
yang saling terpisah tetapi merupakan suatu kesatuan yang saling terkait. Namun
demikian, rencana strategis ini tidak berarti sekedar sebuah dokumen
apalgai sebuah administrative untuk hal
akreditasi. Rencana strategis ini disusun berdasarkan kesadaran, kehendak,
kebutuhan bersama untuk dijadikan sebuah pedoman bagi penyelenggara dan
pengembangan sekolah agar setiap keputusan yang di ambil dan setiap langkah
untuk menuju tujuan bersama yang sudha di tetapkan.
Sebagai
pedoman penyelenggara dan pengembangan sekolah rencana strategis ini harus
menjadi komitmen bersama seluruh elemen penyelenggara sekolah. Oleh karena itu
dokumen ini perlu disahkan oleh Kepala Sekolah yang merupaan representasi dari
unsur – unsure penyenggara sekolah. Sebagai pedoman penyelenggara dan
pengembanagn sekolah , rencana strategis ini perlu dijabarakan dalam berbagai
dokumen perencanaan yang lebih oprasional. Dokumen perencanaan operasional yang
dimaksud adalah rencana strategis di tingkat unit, rencan tindakan ( action
plan) perbidang, dan berbagi peraturan peyelenggara sekolah.
TAHAPAN RENCANAAN STRATEGIS
Tahap 1.
v Profil Layanan
SD
Inpres 2 Birobuli merupakan salah satu sekola yang ada di kota palu yang guna
untuk mencerdaskan kehidupan generasi penerus yang ada. SD ini terletak di jln.
gGelatik No 20. Kecamatan palu selatan. Yang berdiri tahun 1980.
v Keberhasilan Program Sebelumnya
SD
Inpres 2 Birobuli di Pimpin oleh Fatmah Lahasan S. Ag sebagai kepala sekolah
dan telah dapat mengembangkan iptek dan imtaq siswa dan dapat bersaing di era
globalisasi seperti sekarang ini. Tidak hanya itu, para staf administrasi dan
tenaga pengajaranya juga mempunyai kualifikasi di bidangnya dan rata rata
memiliki gelar S1, adapun yang belum
masih sementara menempuh studinya guna dapat meningkatkan taraf
pendidikan yang lebih baik. Sekolah ini telah mengembangkan program pelajaran
yang aktif, menyenangkan, menciptakan modul ajar yang diterapkan di sekolah
apalagi dengan adanya penyelenggaraan K13 di kelas 1 dan 4. Selain itu adanya
kemajuan di tingkat pengembangan jasmani, dan kesenian.
v Isu – Isu Strategis
Memasuki
era globalisasi seperti ini , penyelenggaraan pendidikan dirasa perlu adanya
perencanaan strategis kedepannya guna meningkatkan mutu pendididkan di SD
Inpres 2 Birobuli. Tentunya dengan era seperti ini maka tidak akan luput dari
berbgai permasalahan seperti masalah- masalah
yang mencakup ruang pendidikan. Selain itu perkembangan teknologi dan
informasi semakin pesat oleh karena itu dirasa perlu adanya perencanaan yang
strategis.
Era
globalisasi , informasi, dan teknologi
ini harus di sikapi dengan baik, karena dapat mendorong orang kea rah
yang lebi baik jika mampu dimanfaatkan dengan baik. Dalam kaitannya dengan hal
itu Indonesia merupakan salah satu Negara yang ikut menyetujui dan terlibat
aktif dalam rangka kesepakatan perdagangan dunia seperti, WTO, GATT, APEC dan
sebagainya. Dalam era ini hamper semua factor produksi seperti uang, teknologi,
jasa, pabrik, dan peralatan bergerak melintasi tapal batas Negara tanpa
kesulitan berarti. Dunia terasa menjadi semakin semit, denga jarak yang semakin
dekat berkat teknologi yang ada. Kondisi ini mempunyai implikasi langsung
terhadap penyelenggara pendidikan nasional. Implikasi yang di maksud adalah,
a) Tenaga
kerja terdidik dari luar negeri yang masuk ke I donesia semakin banyak ,
sehingga adanya penyeleksian ketat dalam tingkat kehidupan dan lingkungan
kerja.
b) Sekolah
luar negeri akan semakin mudah menyelenggarakan pendidikan di Indonesia
sehingga caln siswa mempunyai peluang tinggi untuk dapat meningkatkan kualitas
pendidikannya.
Hal
demikian berarti bahwa antar sekolah untuk menarik siswa ajan semakin ketat.
Persaingan tersebut tidak hanya menyangkut output, melainkan juga biaya
penyelenggaraan sekolah dan kinerja penyelenggaraan sekolah, baik yang terkait
dengan sumber daya manusia, fasilitas maupun manajemen.
Pemberlakuan
otonomi sekolah mempunyai implikasi-implikasi sebagai berikut :
1) Penggurangan
subsidi pemerintah terhadap sekolah,
2) Strategi
yang ditempuh oleh sekolah dalam menggali sumber dana lain di luar subsidi
pemerintah,dan
3) Strategi
yang ditempuh oleh sekolah negeri dan swasta terutama dalam menjaring calon
siswa.
Dalam
kaitannya dengan implementasi otonomi pendidikan, sekolah negeri bagaimana pun
berada dalam posisi lebih diuntungkan daripada sekolah swasta, karena dua
alasan.
1. Pemerintah
masih memberikan subsidi yang berupa gaji pegawai negeri,sehingga sekolah
negeri tidak perlu susah-susah mencari dana untuk menggaji karyawan.
2. Rata-rata
sekolah negeri telah memiliki SDM yang lebih baik daripada rata-rata swasta,
terutama dalam aspek jabatan akademik guru,meskipun dalam hal kewirausahaan (entrepreneurship
) rata-rata swasta secara relatif telah
memiliki pengalaman lebih baik dari pada rata-rata negeri.
Dalam
kaitannya dengan strategi yang ditempuh oleh sekolah lain dalam mengimplementasikan
otonomi pendidikan, terdapat kecenderungan bahwa sebagian besar sekolah,
terutama negeri,akan menambah daya tampung mereka agar lebih banyak calon siswa
yang diterima di sekolah yang bersangkutan. Kecerendungan penggunaan strategi
ini mulai terlihat secara signifikan sejak tahun akademik 2013,2014,dan 2015,
ketika berbagai sekolah negeri ,sekurang – kurangnya di SD INPRES 2 BIROBULI
khususnya dan palu pada umumnya, meningkatkan daya tampung mereka , dan
strategi tersebut berkonsekuensi logis pada menurunnya jumlah pendaftar pada
sebagian besar swasta sesulawesi tengah pada tiga tahun terakhir. Strategi ini
cenderung di tempuh karena berkaitan dengan upaya negeri untuk dapat mandiri
,baik dalam penggalian maupun pengelolaan dana, sehingga negeri tidak lagi
banyak tergantung pada kemampuan pembiayaan pemerintah,terutama pada pembiayaan
operasinal penyelenggaraan pendidikan dan pemeliharaan berbagai fasilitas
pembelajaran. Di antara upaya-upaya yang di lakukan negeri untuk meningkatkan
daya tampung tersebut adalah menyelenggarakan kelas paralel,dan membuka program
ekstensi .peningkatan daya tampung ini berkaitan erat dengan jumlah yang bisa
di peroleh dari calon siswa baru .
ARAH PENGEMBANGAN
Berkaitan
denga permasalahan – permasalahan tersebut maka eksistensi dan berkelanjutan SD
Inpres 2 Birobuli tergantung pada tingkat kemampuan sebagai berikut.
v Adanya
kemampuan untuk meningkatkan kompetensi siswa secara terus menerus sehigga
adanya daya saing yang tinggi.
v Adanya
kemampuan untuk mengembangkan berbagai ragam keilmuan secara berkelanjutan, sehingga
para siswa mampu bersaing di era globalisasi ini , seperti menghasilkan output
yang berimtaq dan mantap dalam ipteknya.Berkaitan dengan hal itu, maka
pengolahan sekolah perlu adanya pengolahan yang berorentasi pada tingak
kemajuan .
v Adanya
kemampuan membangun manajemen yang bagus sehingga adanya kerja sama anatara
pendidik dan siswa.
v Adanya
kemampuan meningkatnya daya saing yang sehat di sekolah sehingga adanya output
sekolah yang mampu membawa nama baik sekolah, dan di harapkan dapat berkelanjutan.
v Adanya
kemampuan dalam hal ini sharing, networking and developing agar adanya tercipta
rasa berbagi, membangun jaringan, dan adanya tingkat pengembangan yang baik.
Upaya upaya ini
perlu unutuk dilakukan secara bertahap , dan tidak instan, Karena kemampuan itu
perlu di kemabngakn dan tdak dapat serta merta dapat lagsung seprti yang
diinginkan, oleh karena itu perlu adanya kerjasama antara warga sekolah, dan
semua tingkat atu unsure pendidikan yang utuh dan kesatuan.
KONDISI SD INPRES 2 BIROBULI
Hal yang perlu menjadi perhatian di
dalam perumasan Renstra atau rencana strategis adalah kondisi dari sekolah itu
sendiri baik dalam hal ini luar ataupun dalamnya. Dalam hal ini yang dituju
adalah kebaikan( kekuatan) atau keburukan ( kelemahan) , tapi dalam hal ini
renstra yang disusun ini harus mampu mengurangi weakneses yang ada
di dalam sekolah. Oleh karena itu SD Inpres 2 Birobuli perlu adanya
mengidentifikasi secara utuh apa saja kelemahan dan kekuatan agara dapat
merumuskan renstra yang dapat meningkatkan taraf pendidikan di SD Inpres 2
Birobuli sendiri. Di antara kekuatan yang di miliki SD Inpres 2 Birobuli saat
ini adalah sebagai berikut.
a) Lokasi
sekolah yang strategis yang terletak di jln gelatik no 20 kecamatan Palu
Selatan
b) Memiliki
kesadaran untuk mengembangkan iptek dan imtaq para pendidik dan siswa
c) Bersedia
melangkah maju kedepan untuk dapat bersaing di era globalisasi dunia
d) Bersedia
melangkah untuk menjadikan tenaga pendidik dan siswa yang professional dan
berkualitas
e) Memiliki
pengalaman dalam rangka mengolah sumber daya alam dan manusia yang ada.
f) Memiliki
kesadaran untuk mengembangkat masyrakat sekolah yang berimtaq dan beriptek
Adapun kelemahan- kelemhan yang di miliki oleh SD
Inpers 2 Birobuli antara lain.
a) Pengembangan
sekolah yang masih perlu adanya tahapan
dalam pengembangan- pengembangan yang
ada baik dalam sifat akademik, manajerial, estetik, maupun ekologisnya.
b) Masih perlu adanya bimbingan dalam perhitungan data yang konkret terntang informasi yang ada
c) Masih
perlu adanya perhatian dan bimbingan dalam hal proses pembelajaran, manajemen,
kurikulum, metode, serta outputnya.
d) Masih
perlu bimbingan dalam memanfaatkn sumber daya di luar dana yang di peroleh .
VISI
DAN MISI
Pada
hakekatnya sekolah merupakan lembaga yang bertujuan utuk mencerdaskan kehidupan
bangsa, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, dan menggali potensi akedemik maupun
non akdemik terhadap masyarakat dunia pendidikan terutama siswa dan tenaga pendidik yang ada. Dalam era
globalisasi saat ini perlu adanya peningkatan mutu dan taraf pendidikan yang
ada agar nantinya mampu bersaing dengan masyarakat luas dengan kualistas yang
sudah tidak diragukan lain, selain itu sekolah mampu membedakan taraf tingkat
pendidikan seseorang. Berkaitan dengan hal itu dirasalah perlu andanya visi dan
misi sekolah di SD Inpres 2 Birobuli, adapun visi dan misi tersebut adalah
sebagai berikut.
A. Visi Sekolah
Visi Sekolah adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar
atau rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan masa depan sekolah yang
secara khusus diharapkan oleh Sekolah. Visi Sekolah merupakan turunan dari Visi
Pendidikan Nasional, yang dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi,
Tujuan sasaran untuk pengembangan sekolah dimasa depan yang diimpikan dan terus
terjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.Adapun visi SD Inpres 2 Birobuli : Aktif, Kreatif, Antusias, Bersih dan
Religius (A K B A R)
Indikator :
1.
Mendorong
aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah
terutama para siswa
2.
Mengoptimalkan
pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka
memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.
3.
Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah
agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4.
Antusias
terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5.
Menanamkan
cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
6.
Menimbulkan
penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama
(Religi) sehinggan tercipta kematangan dalam befikir dan bertindak.
B. Misi Sekolah
Menyelenggarakan pendidikan secara professional, inovatif
dan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan stake holder .
Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka
langkah-langkah nyata yang harus dilakukan oleh sekolah adalah :
1.
Mendorong
aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah
terutama para siswa
2.
Mengoptimalkan
pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka
memiliki prestasi yang dapat dibanggakan.
3.
Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus
diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4.
Antusias
terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5.
Menanamkan
cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
6.
Menimbulkan
penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama
(Religi) sehinggan tercipta kematangan dalam befikir dan bertindak.
C. Tujuan Jangka Panjang Sekolah
Berdasarkan Visi
dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, tujuan yang
diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2016/2017adalah :
1) Perolehan
Nilai Ujian Nasional rata-rata naik memenuhi standar kelulusan
2) Memiliki
kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang
3) Terwujudnya
disiplin yang tinggi dari seluruh warga sekolah.
4) Terwujudanya
suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.
5) Terwujudnya
manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga
sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait.
6)
Terwujudnya
lingkungan sekolah yang bersih, indah, resik dan asri.
TUJUAN , SASRAN , STRATEGI , DAN
PRIORITAS PROGRAM
A.
KUALITAS
AKADEMIK LULUSAN
1. Dasar pemikiran
Salah
satu tolak ukur kualitas pendidikan adalah daya saing lulusannya. Untuk dapat
menghasilkan lulusan yang bermutu , sekurang – kurangnya di tingkat lokal , SD
INPRES 2 BIROBULI harus mampu
menghasilkan lulusan dengan standar kualifikasi nasional regional.
2. Merumuskan tujuan
Melaksanakan
program pendidikan sekolah dasar., yang menghasilkan lulusan yang mampu
berkompetisi di tingkat nasional dan regional dan dunia.
3. Sasaran Pendidikan Dasar
1) Terlaksananya
proses pembelajaran yang efektif dan profesinal.
2) Dihasilkannya
lulusan yang memiliki standar kualifikasi tingkat regional dunia.
4. Strategi dan kebijakan
a. Meningkatkan
kualitas rekruitmen guru dan siswa
b. Meningkatkan
kompetensi akademik guru
c. Meningkatkan
kemampuan guru dalam metode pembelajaran yang kreatif, inovatif,dan menarik.
d. Memperbarui
kurikulum yang menunjang kompetensi lulusan dan relevansi.
e. Meningkatkan
kualitas lulusan.
MERUMUSKAN PROGRAM DAN INDIKATOR
KINERJA
A.
Prioritas Program Strategi Rekruitmen
Guru
Standarisasi
sistem rekruitmen guru ,yang meliputi : penyusunan formasi kebutuhan, mekanisme
rekruitmen, penetapan standar kualifikasi input ( standar kualitas minimal),standarisasi
intrumen rekruitmen ( sesuai dengan formasi kebutuhan ), dan standarisasi
kualifikasi tim seleksi.
Indikator Kinerja Program
Rekruitment Guru
Adanya
standar sistem rekruitmen Guru yang akuntabel .
Prioritas Program Peningkatan
Kompetensi Akademik Guru
1) Meningkatkan
jumlah guru untuk studi lanjut ( S1 dan S2 ) , mengikuti kursus-kursus
profesinal dan kursus bahasa inggris, serta mengikuti pelatihan-pelatihan
secara berjenjang dan berkelanjutan .
2) Melaksanakan
monotoring dan pembinaan Guru yang mengikuti studi lanjut ( S1 dan S2 ) melalui
mekanisme insentif dan disintensif.
3) Menjalin
networking untuk menciptakan peluang-peluang komunikasi akademik melalui
bentuk-bentuk short- course , seminar internasinal , dan fellowship.
4)
Memantapkan spesialisasi bidang
keahlian dosen.
Indikator Kinerja Program
Peningkatan Kompetensi Akademik Guru
1) Jumlah
guru tetap yang lulus S1 pada tahun 2015 sebanyak 2 orang
2) Jumlah
Guru tetap yang mengikuti pendidikan program S1 per tahun sejumlah 2 orang
3) Jumlah
Guru yang mengikuti short-course , seminar nasional , dan felloship meningkat.
4) Meningkatkan
jumlah karya ilmiah Guru ( buku ajar ,
artikel publikasi di jurnal terakreditas)sesuai dengan bidang keahlian Guru.
Prioritas Program Strategi
Peningkatan Kompetensi Guru dalam metode Pembelajaran
1) Meningkatkan
jumlah guru untuk mengikuti berbagai kursus pembelajaran secara berjenjang dan
berkelanjutan untuk menunjang proses pembelajaran kreatif, inovatif , dan
menarik.
2) Meningkatkan
sarana-prasarana pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran kretif,
inovatif, dan menarik,
3) Mendorong
Guru untuk menyusun bahan ajar,
Indikator Kinerja Program
Peningkatan Kompetensi Guru dalam metode Pembelajaran .
1) Jumlah
guru yang tetap yang sudah mengikuti kursus metode pembelajaran tingkat dasar
pada tahun 2014 sebanyak 7 orang (
kurang lebih 9 orang pertahun ditambah Guru yang telah mengikuti kursus
pembelajaran tingkat dasar saat ini sebanyak 2 orang ).
2) Jumlah
Guru tetap yang sudah mengikuti kursus metode pembelajaran tingkat dasar pada
tahun 2015 sebanyak 2 orang ( kurang lebih 2 orang pertahun ditambah guru yang
telah mengikuti kursus pembelajaran tinngkat lanjut pada saat ini sebanyak
kurang lebih 2 orang ).
3) Tersedianya
satuan materi sajian setiap mata pelajaran untuk setiap tatap muka yang disusun
oleh pengajar masing-masing.
Prioritas Program Pembaharuan
Kurikulum
1) Melakukan
kompilasi ipteks yang mutakhir
2) Meng-update
kurikulum secara periodik.
Indikator Kinerja Program
Pembaharuan kurikulum ,
1) Tersedianya
data hasil tracing study untuk setiap tingkat .
2) Tersedianya
kompilasi ipteks yang mutakhir
3) Terdokumentasikannya
perkembangan kurikulum dari waktu ke waktu
Prioritas Program Peningkatan
Kualitas Lulusan
1) Mengikutsertakan
siswa dalam kegitan-kegiatan tutorial, asistensi, penelitian ,
jurnalistik,seminar dan berbagai lomba karya ilmiah
2) Menyusun
desain pembelajaran yang mendorong siswa menulis dan menyajikan gagasan secara
sistematik
3) Menetapkan
standar kompetensi lulusan pada tingkat nasional dan internasional
4) Melembagakan
kegiatan lomba karya ilmiah , karya inovativ, dan karya kreatif secara
terprogram dan terintegrasi dengan pembelajaran,
5) Menetapkan
standar kualifikasi profesi tingkat regional
6) Membangun
unit organisasi yang menangani penempatan siswa kejuruan dan peningkatan
ketrampilan kewirausahaan
7) Menyelenggarakan
program magang bagi siswa.
Indikator Kinerja Program
peningkatan Kualitas lulusan
1) Jumlah
siswa yang terlibat di dalam kegiatan tutorial asistensi penelitian jurnalistik
seminar dan lomba karya ilmiah meningkat.
2) Jumlah
siswa yang menulis dan menyajikan gagasan/ karya secara sistematik meningkat
3) Tersedianya
standar kompetensi lulusan pada tingkat nasional dan internasional
4) Terlembagakanya
kegiatan lomba karya ilmiah, karya inovatif, karya kreatif, secara terprogram
PROGRAM KEGIATAN
|
No
|
Sasaran
|
Kode
|
Prog.
Kegiatan
|
Pelaksanaan
Program Kegiatan
|
||||||
|
Indikator
|
2012
|
2013
|
2014
|
2015
|
2016
|
|||||
|
1
2
3
4
|
Standarisasi
sistem recruitment guru yang meliputi penyusunan inromasi kebutuhan,
mekanisme recruitment, penetapan standar kualifikasi input ( standar kualitas minimal ), standarisasi instrument,
standarisasi kualifikasi tim seleksi.
a)
Meningkatkan jumlah guru untuk studi S1 dan S2 serta mengikuti program
pelatihan maupun kursus seperti bahasa inggris dan komputer secara berjenjang.
b)
Melaksanakan monitoring dan pembinaan guru yang mengikuti studi lanjut ( S1)
memalui mekanisme intensif dan disintesif
c)
Menjalin networking untuk menciptakan peluang komunikasi yang baik
d)
Memantapak spesialisasi di bidang dosen
a)
Meningkatkan jumlah guru untuk mengikuti berbagai kursus pembelajaran secara
berjenjang dan berkelanjutan untuk menunjang proses pembelajaran yang keratif
dan inovatif serta menarik
b)
Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang menunjang proses
pembelajaran kreatif inovatif dan menarik,
c)
Mendorong guru untuk membuat bahan ajar
a)
tersedianya data hasil tracing study untuk setiap tingkat.
b)
tersedianya komplkasi ipteks yang muthakir.
c)
Terdokumentasikannya perkembangan kurikulum dari waktu ke waktu.
a)
Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan kegiatan territorial asistensi ,
penelitian, jurnalistik, seminar, dan berbagai lomba karya ilmiah.
b) menyusun
desain pembelajaran yang mendorong siswa menulis dan menyajikan gagasan
secara sistematik,
c) menetapkan
standar kompetensi lulusa pada tingkat kecamatan, dan kabupaten.
d)
melembagakan kegiatan lomba karya ilmiah, karya inovatif, dan karya kratif,
secara terprogram dan terintegrasi dengan sistem pembelajaran.
|
SKG
SKA
MP
PK
KL
|
Prioritas program
strategi recruitment guru
Program peningkatan
kompetensi dan akademik para guru
Program
strategi peningkatan kompetensi Guru dalam metode pembelajaran
Pembahruan kurikulum
Peningkatan kualitas
lulusan
|
Adanya standar sistem
rekruitmen guru yang akuntabel
a)
jumlah guru tetap lulusan S1 pada 2012 sebanyak…. Orang (per tahun)
b)
Jumlah guru tetap yang mengikuti S2 berjumlah …. Orag/pertahun
c)
Jumlah guru yang mengikuti short course , seminar nasional, dan fellowship
meningkat.
d)
Meningkatkan jumlah karya ilmiah guru ( buku ajar, artikel publikasi di
jurnal terakreditasi sesuai dengan bidang keahlian guru.
a)
Jumlah guru tetap yang sudah mengikuti kursus metode pembelajaran tingkat
dasar pada tahun 2012 sebanyak
orang/tahun. Ditambah guru yang telah mengikuti kusrsus pembelajaran
tingkat dasar saat in sebanyak ………orang /tahun.
b)
jumlah guru tetap yang sudah mengikuti kursus metode pembelajaran tingkat
dasar pada tahun 2012 sebanyak……. Orang/ tahun.ditambah guru yang telah
mengikuti kursus pembelajaran tingkat ini sebanyak……. Orang/tahun
c)
tersedianya satuan materi sajian setiap mata pelajaran untuk setiap tatap
muka yang disusun oleh pengajar masing - masing
a)
Tersedianya data hasil tracing study untuk setiap tingkat.
b)
Tersedianya kompilasi ipteks yang muthakir
c)
terdokumentasinya perkembangan kurikulum dari waktu ke waktu
a)
Jumlah siswa yang terlibat di dalam kegiatan – kegiatan tutorial, asistensi,
penelitian, jurnalistik, seminar, dan lomba karya ilmiah meningkat
b)
Jumlah siswa yang menulis dan menyajikan gagasan secara sistem meningkat.
c)
tersedianya standar kompetensi lulusan pada tingkat kecamatan dan
kabupaten/kota
d)
Terlembagakannya kegiatan lomba karya ilmiah , karya inovatif, dan karya
kreatif secara terprogram.
|
ü
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
|
ü
ü
|
|
PENUTUP
Rencana
Strategis ( renstra ) SD Inpres 2 Birobuli taun 2016 merupakan dokumen
perencanaan yang disusun berdasarkan RPJMD kota Palu yang merupakan rangkaian
rencana tindakan dan kegiatan yang mendasar dan beorentasi pada hasil yang
ingin dicapai.Rencana strategis mendukung visi, misi seolah dan kegiatan yang merupan rencana ini
merupakan implementasi oleh seluruh jajaran organisasi dalam rangka pencapaian
tujuan dan pelaksanaan tugas pokong dan fungsi SD Inpres 2 Birobuli.
Rencana
strategis SD Inpres 2 Birobuli tahun
2012 – 2016 merupakan pedoman dalam penyususnan rencana kerja tahunan yang juga
di gunakan sebagai dasar evaluasi dan laporan pelaksanaan atas kinerja tahunan
dan lima tahunan.Dengan mengintegrasikan berbagai keahlian sumber daya lain
yang di miliki SD Inpres 2 Birobuli, penyususnan renstra di harapakan mampu
mengantisipasi sekaligus menjawab tuntutan perkembangan ligkungan strategis
baik di intern sekolah maupun di ligkup kota Palu.
Akhirnya
dengan tersusunya Renstra SD Inpres 2 Birobuli tahun 2012 - 2016 semoga dapat bermanfaat
bagi semua pihak, dan mendorong pencapaian visi dan misi SD Inpres 2 Birobuli .
Mengetahuai
Kepala Sekolah
Fatmah Lahasan S. Ag
Nip. 19700521 199002 2 001
semangat selalu
BalasHapus